Menu
Berbagi Pengetahuan ®

Buku Fokus Pembelajaran SD, SMP, dan SMA

  • Share

Dalam rangka membantu para pengembang kurikulum dan pembelajaran, terutama guru, agar mudah menemukan focal points standar isi, dan mudah mendesain pembelajaran yang mendorong proses belajar anak dari hal yang paling utama, BSNP mengeluarkan Buku Fokus Pembelajaran SD, SMP, dan SMA.

Fokus pembelajaran adalah pengetahuan dan keterampilan utama yang perlu dikuasai oleh siswa di setiap level kelas. Lingkup materinya dipilih dan disusun dari Standar Isi yang benar-benar fondasional dan fungsional bagi kehidupan peserta didik. Ia dapat berfungsi pula sebagai struktur inti yang meletakkan dasar-dasar konseptual, sehingga berfungsi mengatur hubungan antarkonten dan membuat kohesi ke berbagai konsep dan proses belajar di tingkat kelas itu maupun tingkat kelas berikutnya. Dengan demikian, fokus pembelajaran tidak dimaksudkan mengurangi lingkup materi yang ditetapkan dalam standar isi.

Fokus Pembelajaran disusun dengan prinsip ABC (Accurate, Brief, dan Clear) sedemikian rupa sehingga mudah dibaca oleh guru, siswa, orang tua, pengembang kurikulum, pengembang pembelajaran, kepala sekolah, dan penulis buku. Kemasannya ringkas, cukup disajikan dalam satu halaman untuk tiap kelasnya (kelas 1–12), yang meliput semua muatan kurikulum, yakni (1) kelompok muatan agama, (2) kelompok muatan bahasa, (3) muatan matematika, (4) kelompok muatan IPS, (5) kelompok muatan IPA, (6) muatan PPKn, (7) kelompok muatan seni-budaya, dan (8) kelompok muatan PJOK, serta (9) muatan informatika.

Buku Fokus Pembelajaran ini memberikan tekanan pada proses belajar yang kohesif, perluasan pengetahuan secara bermakna, dengan berfokus pada sejumlah “target utama” yang signifikan, dan menawarkan cara berpikir tentang apa yang penting pada setiap muatan kurikulum. Bermula dari sejumlah kecil “target utama” itu, siswa memperluas dan memperdalam “capaian belajar yang penting” dari standar isi maupun standar kempetensi lulusan. Dengan fokus pembelajaran ini, guru akan lebih terbantu dalam mendesain pembelajaran secara kreatif dan inovatif sesuai dengan kondisi kelas masing-masing sekolah, karena fokus materi dan jenis pengalaman belajar serta sasaran kompetensi yang diharapkan disajikan secara jelas dan terarah.

Fokus Pembelajaran ini juga akan memudahkan guru mengambil keputusan fokus tindakan pembelajaran apa yang harus segera dilakukan ketika situasi dan keadaan darurat terjadi, misalnya ketika terjadi bencana yang memaksa pembelajaran tidak bisa dilakukan sebagaimana mestinya.

Buku Fokus Pembelajaran ini disusun secara kolaboratif dalam jaringan dengan menggunakan fasilitas tatap muka Zoom meeting. Atas terwujudnya Fokus Pembelajaran ini, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam upaya baru ini, khususnya kepada Tim Penulis, Tim Penelaah, Tim Pendamping, dan Tim Pengolah Data, serta Tim Administratif, yang telah bekerja keras, berjibaku dalam memuwujudkan dokumen yang berharga ini, meskipun dilakukan di masa pandemi Covid-19. Semoga kerja keras kita ini memberikan manfaat bagi pengembangan pendidikan di tanah air.

Unduh Buku Fokus Pembelajaran SD, SMP, dan SMA

Selengkapnya Buku Fokus Pembelajaran SD, SMP, dan SMA dapat didownload melalui link berikut ini.

Unduh Buku Fokus Pembelajaran SD, SMP, dan SMA

Demikian informasi mengenai Buku Fokus Pembelajaran SD, SMP, dan SMA, semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *