Panduan Soal HOTS

Soal HOTS : Panduan Soal HOTS SD, SMP, SMA

Soal HOTS soal yang menuntut siswa untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Langkah-langkah dalam Penulisan Soal HOTS adalah sebagai berikut.

1. Menentukan kompetensi dasar dan materi yang akan dinilai

Pendidik harus menganalisis proses kognitif, dimensi pengetahuan, dan materi pada kompetensi dasar dalam kurikulum yang memungkinkan dapat dibuatkan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.

2. Menyusun kisi-kisi Soal HOTS

Pendidik harus memastikan seluruh komponen yang terdapat dalam kisi-kisi konsisten, selaras, dan dapat dibuatkan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.

3. Merumuskan indikator soal HOTS

Untuk menghasilkan soal yang mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, rumusan indikator perlu memenuhi prinsip penilaian pada keterampilan ini yaitu perlunya stimulus, konteks baru, dan proses berpikir tingkat tinggi.

Konteks stimulus disarankan berkenaan dengan kehidupan nyata sehari-hari dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta didik. Stimulus yang kontekstual akan memudahkan peserta didik untuk mentransfer hal-hal yang telah dipelajari sehingga timbul sikap positif dan mengapreasiasi hal-hal yang telah dipelajari. Stimulus dengan konteks yang tidak sesuai dengan perkembangan peserta didik akan sulit dicerna sehingga tidak mendukung berkembangnya keterampilan berpikir tingkat tinggi.

4. Menulis soal HOTS sesuai dengan kaidah penulisan soal

Untuk memastikan kualitas soal sehingga memberi informasi yang valid, soal perlu memenuhi kaidah penulisan soal dari aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Prinsip ini sama dengan prinsip penulisan soal secara umum (kaidah penulisan soal dan contoh-contoh soal level 1, 2, dan 3 bisa dilihat pada buku Panduan Tes Tertulis. Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah isu sensitif. Soal hendaknya tidak menyinggung suku, agama, ras, antargolongan, dan tidak mengandung unsur pornografi, politik praktis, kekerasan, dan komersialisasi produk.

Contoh Soal HOTS Jenjang SD

Soal HOTS Bahasa Indonesia

Matahari memancarkan sinarnya yang amat menyengat. Terik matahari yang panas membuat Mimit si semut rangrang bermalas-malasan. Saat itu, ia berjalan mondar-mandir ke sana dan ke mari, namun sebenarnya ia punya tujuan yang sudah pasti. Mimit mencari makanan dengan bantuan daya ciumnya yang hebat.

Ibu Mimit berkata “Hati-hati Mimit, ada selokan yang airnya sangat deras di sekitar sini!” Mimit tidak mendengarkan peringatan ibunya.

Upsss ….Mimit meloncat menjangkau makanan yang nampak lezat di pinggir selokan.

“Hmmm lezat nian potongan roti ini,” gumam Mimit. Perut terasa penuh. Langkah kaki Mimit mundur dan plung …

Mimit terbawa arus air selokan. Ia raih akar di dinding selokan untuk berpegangan.

Upss… berhasil. Namun, kaki terbawa arus dan tak ada pijakan.

“Tolong….tolong !”teriak Mimit.

Tata, Kakak Mimit, mendengar teriakan Mimit. Ketika melihat adiknya bergelantungan di akar dinding yang di bawahnya mengalir arus deras, Tata lari ke rumah memanggil saudara-saudaranya untuk menolong Mimit.

“Cici, Kiki, Sasa, Rara…ayo kita bersama-sama menolong Mimit.” Bergegas mereka menuju selokan yang arusnya sangat deras, tempat Mimit bergelantungan. Tata mengulurkan tangannya ke arah Mimit, saudara-saudara yang lain memegang kaki Tata menahan jangan sampai ikut terjatuh.

Satu…dua…tiga….uhh akhirnya Mimit tertolong ditarik oleh keempat kakaknya bersama-sama.

Mimit kedinginan dan menyimpan rasa penyesalan yang dalam karena tidak memperhatikan peringatan ibunya.

Pertanyaan (Soal HOTS)

  1. Apa yang dipikirkan Tata ketika memanggil saudara-saudaranya untuk menolong Mimit?
  2. Sikap apa yang dapat diteladani dari tindakan saudara-saudara Mimit dalam cerita di atas? Tuliskan 1 jawabanmu!
  3. Apa judul yang tepat untuk bacaan tersebut? Tuliskan 1 jawabanmu!

Soal HOTS Matematika

Pak Basuki mempunyai pekarangan rumah yang akan ditanami tanaman tomat. Lahan yang akan ditanami berbentuk persegi panjang dengan pembatas berupa papan kayu. Panjang papan kayu yang tersedia 18 m. Menurut Pak Adi, tetangganya, dengan panjang papan 18 meter Pak Basuki dapat membentuk pagar dengan 4 ukuran yang berbeda, dengan catatan panjang dan lebar merupakan bilangan bulat.

Menurutmu, apakah pernyataan Pak Adi tersebut benar? Tunjukkan cara penyelesaian soal untuk mendukung pendapatmu. Berapa ukuran pagar yang kamu sarankan kepada Pak Basuki agar lahan dapat ditanam tanaman tomat dalam jumlah yang paling banyak?

Selengkapnya panduan soal HOTS SD, SMP, dan SMA bisa diunduh melalui link berikut : Unduh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *