Memisahkan Data Tabel Excell

Memisahkan Data Tabel Excell Dengan Cepat

Mungkin ada yang mengalami, ketika mengetik di excell, kita ingin merubahnya. Misalkan, ketika kita mengetik tempat, tanggal lahir dalam satu kolom, kemudian kita sadar kita harus membuat ke dalam dua kolom. Apalagi jumlah data yang kita buat dalam jumlah banyak. Tentu akan sangat merepotkan. Berikut Kelas Guru akan memberikan cara memisahkan data tabel excell dengan cepat.

Misalkan data di excell yang kita buat seperti tabel berikut ini.

NOMORTEMPAT, TANGGAL LAHIR
1Sibetan, 25 Juli 1987
2Rendang, 17 Agustus 1983
3Karangasem, 17 Oktober 2012
4Klungkung, 05 Mei 2015

Lalu kita ingin ubah menjadi tabel berikut.

NOTEMPATTANGGAL LAHIR
1Sibetan25 Juli 1987
2Rendang17 Agustus 1983
3Karangasem17 Oktober 2012
4Klungkung05 Mei 2015

Berikut merupakan cara memisahkan data excell dari satu kolom ke dalam dua kolom.

Langkah 1

Misalkan data yang akan kita pisahkan seperti di bawah ini.

Memisahkan Data Tabel Excell

Langkah 2

Siapkan tabel baru tempat kita akan memisahkan data. Tabel bida dibuat di samping atau di bawah tabel data pertama. Perhatikan gambar berikut. Tabel yang diberikan lingkaran merah, meruapakan tabel tempat kita menaruh data yang dipisahkan.

Memisahkan Data Tabel Excell

Langkah 3

Lakukan langkah berikut. (1) Blok data tempat, dan tanggal lahir di tabel pertama, kemudian (2) klik “Data”, dan terakhir (3) klik “Text to Columns”. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Memisahkan Data Tabel Excell

Langkah 4

Maka akan muncul jendela baru, klik saja “Next”. Perhatikan gambar berikut.

Memisahkan Data Tabel Excell

Langkah 5

Langkah selanjutnya kita akan diminta untuk memilih pemisah data. Dalam tabel pertama, antara tempat dan tanggal lahir, pemisah yang kita gunakan adalah koma. Jadi (1) ceklist “comma”, kemudain (2) klik “next”.

Langkah 6

Langkah 6 Memisahkan Data Tabel Excell Dengan Cepat, (1) klik di dalam kolom “Destination” dan hapus tulisan yang ada di dalamnya. (2) Drag tempat kita akan menaruh data tabel yang akan di pisahkan. Karena kita akan memisahkan ke dalam 2 kolom baru, drag ke dua kolom tersebut. (3) Setelah semua dilakukan, klik “Finish”.

Jika muncul jendela peringatan, silakan klik “OK”. Data di tabel pertama sudah berhasil dipisahkan ke tabel kedua. Silakan hapus tabel pertama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *