Makna Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Mendikbud

By | November 26, 2019

Ada hal yang beda dari pidato Mendikbud dalam Hari Guru Nasional Tahun 2019. Walaupun hanya 2 lembar, pidato yang disampaikan oleh Nadiem Makarim menjadi sangat viral di media sosial (Baca: 5 Pesan Nadiem Makarim Untuk Guru : Pidato HGN 2019) . Dalam pidato tersebut ada dua istilah baru yaitu merdeka belajar dan guru penggerak. Berikut merupakan makna merdeka belajar dan makna guru penggerak dalam pidato HGN Mendikbud Tahun 2019.

Makna Merdeka Belajar menurut Mendikbud Nadiem Makarim adalah sekolah, murid, dan guru memiliki kebebasan untuk berinovasi, belajar dengan mandiri dan kreatif. Kementerian Pendidikan dan dinas pendidikan akan berupaya untuk memberikan ruang inovasi di masing-masing sekolah.

Makna Guru Penggerak adalah guru yang mengutamakan murid dari apapun, bahkan dari kariernya sendiri. Mereka akan mengutamakan murid dan pembelajaran murid. Mereka akan mengambil tindakan tanpa disuruh, diperintah, untuk melakukan yang terbaik demi pendidikan di sekolah.

Mendikbud meyakini, di setiap sekolah ada paling tidak satu guru penggerak. Sehingga di Indonesia akan ada 250.000 sampai 300.000 guru penggerak.

Pemerintah akan membantu Guru Penggerak untuk melakukan berbagai macam inovasi. Walaupun tidak semua inovasi yang dilakukan oleh guru akan sukses, namun inovasi ini penting agar bisa menemukan inovasi yang pas untuk sekolah mereka.

Salah satu masalah yang dianggap menghambat ruang inovasi guru adalah banyaknya regulasi dan kebijakan yang tidak memberikan ruang inovasi bagi guru penggerak. Mendikbud bersama dengan seluruh kedirjenan, staf khusus, dan eselon I akan menyisir satu persatu peraturan tersebut. Peraturan yang dianggap rumit akan disederhanakan.

Selama ini, banyak orang yang berpandangan bahwa reformasi pendidikan hanya bisa dilakukan di pemerintah saja atau berdasarkan kurikulum saja. Namun, melalui memahami Makna Merdeka Belajar dan Makna Guru Penggerak diharapkan mampu membuat reformasi pendidikan di Indonesia agar menjadi lebih baik.

Demikianlah makna merdeka belajar dan guru penggerak menurut Mendikbud. Sebagai seorang guru, kita hendaknya bisa menjadi bagian dari guru penggerak yang akan mampu mengubah wajah pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.

Sumber : Mengenal Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *