Cara Menghindari Petir

Cara Menghindari Petir di Musim Hujan

Posted on

Petir merupakan fenomena alam yang sering muncul musim hujan. Fenomena ini biasanya berupa kilatan cahaya putih yang terang dan disusul dengan gemuruh yang keras. Petir ini sangat berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Berikut kita akan membahas cara menghindari petir.

Petir terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dengan bumi. Perbedaan ini menyebabkan terjadinya pelepasan elektron dari awan ke bumi melalui media perantara udara. Ketika elektron mampu menembus ambang batas isolasi dari udara, maka akan tercipta ledakan yang menimbulkan suara seperti dentuman.

Fenomena petir ternyata membawa daya listrik yang kekuatannya sangat besar. Energi yang dihasilkan oleh petir mampu memberikan daya lampu 100 watt selama tiga bulan. Kekuatan energi petir ini bisa membelah pohon besar menjadi dua bagian ataupun merusak rumah yang tersambar olehnya.

Selain merusak bangunan dan pohon, petir juga sangat berbahaya bagi manusia. Dalam banyak kejadian, banyak orang yang meninggal karena tersambar petir.

Agar bisa menghindari petir, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMK) mengeluarkan tujuh tips menghindari petir. Berikut merupakan cara menghindari petir menurut BMKG.

  1. Cara menghindari petir yang pertama adalah segeralah masuk ke dalam ruangan atau mobil jika kalian sedang berada di luar ruangan dan mendengar guntur. Hal ini bisa mengurangi resiko tersambar petir.
  2. Jangan berlindung di bawah pohon, karena pohon yan tersambar petir energi lisriknya dapat melompat ke tubuh kita.
  3. Jangan berada di sawah, lapangan, atau taman, karena petir mencari tanah untuk melepaskan energinya. Dalam beberapa kasus, peristiwa tersambar petir terjadi di sawah maupun tanah lapang.
  4. Jika berada di kolam renang cara menghindari petir adalah dengan segera naik dan menjauh. Petir dapat menghantarkan energi listrik ke air.
  5. Jauhi tiang listrik, menara, atau sesuatu yang tinggi karena mudah tersambar petir.
  6. Jika sedang mengendarai motor tips menghindari petir, dengan berhenti dan cari tempat untuk berlindung.
  7. Jika kalian sedang berteduh di luar ruangan, atur jarak 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir.

Demikianlah informasi mengenai cara menghindari petir. Semoga tips tersebut dapat membuat kita terhindar dari bahaya yang ditimbulkan oleh petir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *