Hardiknas 2020 : Pedoman, Tema, Logo, dan Spanduk

Hardiknas 2020

Hardiknas adalah Hari Pendidikan Nasional. Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei. Dalam rangka memperingati Hardiknas 2020, Kemendikbud mengeluarkan pedoman, tema, logo, dan spanduk Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020.

Biasanya, Hardiknas selalu diperingati dengan melaksanakan upacara bendera. Namun di tahun 2020 di masa Pandemi Covid-19, Kemendikbud meniadakan penyelenggaraan upacara bendera baik itu di kantor instansi pusat dan daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Kemendikbud sendiri akan menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 pada tanggal 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB.

Kemendikbud menghimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal YouTube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Di tahun 2020, Kemendikbud mengangkat Tema Hardiknas “Belajar dari Covid-19“.

Untuk Logo Hardiknas Tahun 2020 bisa dinuduh melalui lin di bawah ini.

Unduh Logo Hardiknas Tahun 2020

Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020, Kemendikbud juga mengeluarkan himbauan terkait ragam aktivitas peringatan Hardiknas Tahun 2020 sebagai berikut:

  1. Mengimbau setiap satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri tidak mengadakan kegiatan/aktivitas peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi.
  2. Aktivitas/kegiatan alternatif untuk memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2020 dapat dilakukan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat COVID-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik, serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.
  3. Mengimbau insan pendidikan untuk menyaksikan program peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 “Belajar dari COVID-19” di TVRI pada Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 19.00 s.d. 20.30 WIB.

Surat Pedoman Peringatan Hardiknas Tahun 2020 dapat diunduh melalui link berikut ini.

Unduh Surat Pedoman Hardiknas Tahun 2020.

Selain surat pedoman dan logo, Kemendikbud juga mengeluarkan desain spanduk yang dapat digunakan dalam perayaan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020. Desain spanduk tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Unduh Desain Spanduk Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *