Juknis

Juknis FLS2N SMP Tahun 2020 (Juklak)

Setelah sebelumnya kami membagikan Juknis FLS2N SD Tahun 2020 (Baca: Juknsi FLS2N 2020 Sekolah Dasar), kali ini kami akan membagikan Juknis FLS2N SMP Tahun 2020. Juknis ini merupakan Petunjuk Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tahun 2020 Untuk Jenjang Sekolah Menengan Pertama.

Persyaratan Peserta FLS2N SMP Tahun 2020

Persyaratan peserta FLS2N SMP adalah siswa SMP, MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bukan juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, dan Penyaji Terbaik FLS2N SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya;
  2. Siswa kelas VII atau VIII yang masih berstatus sebagai siswa SMP dan masih aktif saat mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan;
  3. Siswa yang terpilih sebagai peserta terbaik dari setiap jenis/cabang lomba yang dilombakan di Tingkat Provinsi;
  4. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di data pokok peserta didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Cabang yang dilombakan

Cabang yang dilombakan pada FLS2N SMP Tahun 2020 terdiri atas 5 (lima) jenis cabang seni sebagai berikut:

  1. Festival Kreativitas Tari;
  2. Festival Kreativitas Musik Tradisional;
  3. Lomba Gitar Duet
  4. Lomba Menyanyi Solo; dan
  5. Lomba Desain Poster

Pendaftaran Peserta

Peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tingkat Nasional Tahun 2020, Dinas Pendidikan Provinsi mendaftarkan kepada Panitia Pusat, sekretariat FLS2N SMP, Direktorat Pembinaan SMP, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mengirimkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Pemenang FLS2N SMP Tingkat Provinsi dan SK Penetapan peserta FLS2N Tingkat Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi ke Direktorat Pembinaan SMP melalui surat elektronik (surel) ke bakatprestasi.psmp@ kemdikbud.go.id
  2. Melakukan pendaftaran daring (registrasi online) bagi peserta FLS2N SMP Tingkat Nasional pada laman: pesertadidik.ditpsmp.kemdikbud.go.id enter peserta didik dengan memilih menu REGISTRASI, (sesuai dengan petunjuk teknis pendaftaran daring yang dapat diakses pada laman dimaksud).
  3. Keikutsertaan FLS2N SMP tingkat Provinsi dapat diinformasikan kepada Panitia Pusat sebelum tanggal Akhir Agustus 2020.
  4. Pendaftaran peserta FLS2N Tingkat Nasional dapat dilakukan dengan menggunakan password (kata kunci) yang diberikan Panitia Pusat.
  5. Batas waktu pendaftaran daring peserta paling lambat pada tanggal Agustus 2020.

Festival Kreativitas Musik Tradisional Juknis FLS2N SMP

Tema

“Gita Legenda” dalam EKPLORASI BUDAYA NUSANTARA. Gita Legenda: nyanyian yang mengusung idiom kisah/cerita rakyat yang diyakiini secara turun temurun dan sudah lekat menjadi budaya lokal/setempat.

Materi Festival

Materi festival adalah garapan, kemasan, kreativitas baru/terkini berupa komposisi musik yang berpijak pada legenda daerah setempat yang belum pernah dipentaskan atau ditampilkan pada event manapun.

Konsep garapan merupakan sajian musik bernuansa daerah setempat (mengusung kearifan lokal) yang menggambarkan suasana dan alur cerita dari legenda daerah yang diusung.

Sajian dimaksud menitikberatkan pada permainan musik, baik instrumental maupun vokal dan bukan dalam bentuk opera musikal atau drama musikal yang menggunakan unsur dialog verbal.

Harmoni dan dinamika garapan diharapkan selaras dengan isi dan makna kisah legenda yang ditampilkan.

Ketentuan Lomba

  1. Jumlah peserta setiap grup/kontingen maksimal 5 (lima) orang;
  2. Setiap grup/kontingen boleh terdiri dari putra saja, putri saja, atau campuran putra dan putri;
  3. Instrumen musik yang digunakan adalah instrumen musik daerah setempat (bukan dari daerah lain) dan tidak diperbolehkan menggunakan alat musik Jimbe;
  4. Instrumen musik yang digunakan adalah instrumen musik akustik (non elektrik);
  5. Penata musik boleh oleh siswa atau pembimbing;
  6. Repertoar karya yang disajikan adalah sebuah garapan musik tradisi dan aransemen baru yang mengangkat kisah legenda (perpaduan vokal dan instrumental) dan merupakan kesatuan garapan yang utuh;
  7. Waktu penyajian maksimal 10 menit (tidak termasuk persiapan);
  8. Kostum/busana yang dikenakan peserta/pemusik adalah pakaian daerah masingmasing;
  9. Peserta membawa alat musik sendiri (panitia tidak menyediakan alat musik).

Festival Kreativitas Seni Tari

Tema

Tema Pokok : Eksplorasi Budaya Nusantara

Tema Tari : Permainan Tradisional (dalam hal ini permainan tradisional hanya digunakan sebagai sumber inspirasi untuk mewujudkan sebuah karya tari yang kreatif dan inovatif)

Materi lomba

Materi yang ditampilkan sesuai Juknis FLS2N SMP Tahun 2020 adalah sebuah garapan tari kelompok, dan bukan sebuah permainan tradisional sebagaimana bentuk aslinya.

Ketentuan Lomba

  1. Durasi penyajian minimal 5 menit, maksimal 7 menit;
  2. Peserta festival harus berasal dari sekolah yang mewakili dengan jumlah penari dalam satu kelompok terdiri dari 5 orang (putra semua, putri semua, gabungan putra dan putri);
  3. Karya tari merupakan hasil kreativitas bersama antara siswa dan guru/pelatih;
  4. Musik iringan tari berupa musik garapan baru yang khusus diciptakan sesuai dengan garapan tari, menggunakan unsur musik tradisi budaya setempat, dalam bentuk rekaman;
  5. Menggunakan naskah garap tari meliputi: latar belakang garapan, judul, dan sinopsis.
  6. Tata cahaya panggung bersifat statis.

Lomba Gitar Duet

Tema Lomba

“Gitar di Tangan Generasi Milenial”

Sub tema diatas merupakan jalan mewujudkan “interaksi sosial berbasis nilai-nilai kearifan lokal, nasional dan global dalam membentuk karakter positif, produktif dan inovatif siswa agar memiliki sikap peduli sesama dan menjadi generasi milenial yang pembelajar di era digital sepanjang masa”

Materi Lomba

Materi lomba duet gitar dalam Juknis FLS2N SMP terdiri dari tiga lagu yang kesemuanya dalam format duet gitar.

Lagu Klasik (Duet)

  1. Babak Pertama (Penyisihan) : “Andante in G Op. 27 – F Carulli”
  2. Babak Kedua (Final) : “Allegro in D Minor – F Carulli”

Lagu Populer (Duet):

  1. “Kulari Ke Pantai” – RAN, arr untuk duet gitar oleh: hery budiawan
  2. “Ibuku Cantik” – Mhala Nurmala, Tantra Numata dinyayikan oleh Maisha Kanna, arr untuk duet gitar oleh: hery budiawan

*Pilih salah satu lagu populer untuk di kedua babak (penyisihan dan final)

Pada lagu populer ada beberapa ketentuan dan beberapa catatan yang harus dilaksanakan, untuk lebih jelas mohon diperhatikan penjelasan pada partitur (naskah musik) lagu populer (lihat dilampiran 3 dan 4). Untuk lagu populer peserta memilih satu dari dua lagu yang tersedia dan dimainkan di babak pertama maupun babak kedua.

Lagu Daerah

Lagu dari daerah masing-masing peserta yang diarransemen dalam notasi balok oleh peserta/guru/pelatih atau yang sudah ada dalam format duet gitar dengan durasi maksimal 3 menit. Untuk tingkat nasional arransemen lagu daerah diserahkan sebanyak tiga (3) rangkap kepada panitia pada saat teknikal meeting di tingkat nasional.

mohon untuk tidak mengaransemen lagu “pop” berbahasa daerah (lagu pop yang berbahasa daerah), usahakan lagu daerah setempat.

Ketentuan Lomba

Setiap peserta duet menampilkan 3 (tiga) buah lagu yaitu: lagu klasik, lagu populer dan lagu daerah. Hal yang perlu diperhatikan:

  1. Peserta lomba duet gitar adalah (dua) peserta didik yang duduk dibangku sekolah menegah pertama (SMP) yang sama. Dengan formasi duet gitar dibebaskan, (bisa putra-putra, bisa putra-putri, bisa putri-putri)
  2. Instrumen gitar yang digunakan adalah gitar klasik (tidak cutaway) dengan senar gitar klasik nylon yang dibawa dan disiapkan sendiri oleh masing-masing peserta (duet gitar).
  3. Rentang waktu/durasi yang digunakan untuk penyajian setiap peserta maksimal 9 menit (akumulasi ketiga lagu).
  4. Semua lagu yang dibawakan harus sesuai dengan arransemen atau partitur yang diberikan panitia maupun arransemen yang dibuat oleh daerah/provinsi masing-masing.
  5. Kostum pada saat tampil adalah seragam sekolah. Mengenakan celana panjang baik putra maupun putri, bahan celana bukan jean dan harus dengan posisi bermain gitar klasik.

Lomba Menyanyi Solo

Tema

Tema Umum : Eksplorasi Budaya Nusantara

Sub Tema Menyanyi : “Mengeksplorasi diri melalui seni untuk mengasah empati terhadap sesama”.

Materi Lomba

Berdasarkan rapat penyusunan Juknis FLS2N SMP 2020, ditetapkan bahwa materi lomba diubah dengan mempertimbangkan perkembangan dunia musik dan teknologi yang sudah sangat modern saat ini. Untuk itu kepada pelatih dan pembimbing dari tiap perwakilan daerah dapat mengembangkan diri dengan mencari referensi dari berbagai sumber mengenai materi lomba Nyanyi Solo dibawah ini.

Babak Penyisihan:

Lagu Wajib : Bahagia (G.A.C)

Lagu Pilihan : Lagu daerah masing-masing peserta

Total Waktu : 10 menit

Babak Final:

Lagu Wajib : Merakit (Yura Yunita)

Total Waktu : 5 menit

Lomba Desain Poster FLS2N SMP

Tema dan Sub Tema

Tema

FLS2N SMP cabang Desain Poster mampu menumbuhkan, mencintai, dan ikut memiliki melalui “Eksplorasi Budaya Nusantara”. Tema utama tersebut secara simultan dan berkesinambungan yang diharapkan mampu memacu peserta lomba serta umumnya masyarakat Indonesia agar lebih menghargai, menghormati, menerapkan, serta mampu mengapresiasi hasil budaya Nusantara dalam Desain Poster.

Sub Tema

Adapun sub tema lomba yang bisa dijadikan pilihan yaitu:

  1. Upacara Adat sebagai Sumber Ide dalam Pengembangan Talenta, dan Kreativitas desain industri kreatif.
  2. Potensi Kesenian Daerah sebagai Sumber Ide dalam upaya Promosi Pariwisata melalui inovasi media berupa Desain Poster.
  3. Eksplorasi Seni Kerajinan untuk Mendukung Pariwisata Daerah sebagai Jati Diri Bangsa yang diwujudkan ke dalam bentuk desain.

Materi Lomba

Materi lomba Desain Poster dalam FLS2N SMP Tahun 2020 adalah Kecintaan jati diri seseorang terhadap budaya Nusantara dalam wadah Indonesia akan mempererat kesatuan bangsa. Adanya kecintaan pada negara yang dapat diekspresikan secara visual dan verbal dalam bentuk Desain Poster sebagai tanggung jawab generasi muda. Guna mendukung terciptanya Desain Poster yang baik perlu dilakukan observasi atau pengamatan pada objek tertentu yang berhubungan dengan Budaya Nusantara. Selain itu, dalam lomba kali ini seluruhnya menggunakan teknologi digital, mulai dari pengambilan gambar menggunakan teknik fotografi kemudian ditransfer dan diolah melalui rekayasa teknologi komputer untuk menghasilkan Desain Poster yang maksimal.

Selengkapnya mengenai Juknis FLS2N SMP Tahun 2020 bisa diunduh melalui link berikut : Unduh

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker