Seleksi Best Practice Guru Tahun 2020 P4TK PKn IPS

Seleksi Best Practice Guru Tahun 2020 P4TK PKn dan IPS

Seleksi Best Practice Guru Tahun 2020 P4TK PKn dan IPS – Sebagai upaya untuk mendorong aktualisasi nilai-nilai Pancasila, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (P4TK PKn dan IPS) menyelenggarakan kegiatan Pancasila Goes to Mall. Salah satu kegiatannya adalah Kuis Guru dan Siswa Berkarakter yang terdiri atas tiga tahapan yaitu penyisihan, semifinal, dan grand final. Di tahapan pertama (penyisihan), guru harus mengikuti kegiatan Seleksi Best Practice Guru Tahun 2020.

Adapun tema yang diangkat dalam seleksi best practice ini adalah “Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Praktik Terbaik Guru Sebagai Inspirasi dalam Menghadapi Masa Normal Baru”.

Selain tema utama, ada beberapa subtema yang bisa diangkat yaitu:

  1. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran Di Kelas
  2. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
  3. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah
  4. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kemitraan Dengan Keluarga,
    Masyarakat, dan Instansi Pemerintah atau Swasta

Ketentuan Umum Seleksi Best Practice Guru Tahun 2020

  1. Kegiata ni boleh diikuti oleh guru dari seluruh Indonesia yang meliputi Guru Kelas SD, Guru Mapel PPKn dan IPS SMP/MTs, SMA/MA, atau SMK/MAK.
  2. Peserta harus memiliki NUPTK
  3. Peserta berdomisili di wilayah NKRI

Ketentuan Khusus

Peserta wajib memilih salah satu subtema di bawah ini.

  1. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran di Kelas. Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam pembelajaran PPKn atau IPS atau tematik SD dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila yang dapat menginspirasi guru-guru lain untuk melakukan kegiatan sejenis.
  2. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam menumbuhkembangkan karakter mulia pada diri peserta didik dengan mengintegrasikan nilainilai Pancasila dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
  3. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah. Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik melalui pembiasaan perilaku positif, tradisi positif, dan unsur-unsur budaya sekolah lainnya di lingkungan sekolah selain kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan ekstrakurikuler.
  4. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Kemitraan dengan Keluarga dan/Masyarakat. Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik melalui kegiatan yang melibatkan pihakpihak lain yang menjadi mitra sekolah seperti keluarga, masyarakat, instansi pemerintah atau swasta, dan sejenisnya.

Peserta harus mengisi biodata dan mengirimkan 1 (satu) naskah Best Practice dengan format KTI.

Pendaftaran, pengiriman naskah, dan surat pernyataan keaslian karya dibuka mulai tanggal 6 s.d 13 Juni 2020 melalui http://ringkas.kemdikbud.go.id/qt858i atau dapat juga dikirimkan melalui alamat email: bangprofptkpknips@gmail.com

Naskah yang dikirimkan berupa file dengan format PDF. File naskah diberi nama dengan ketentuan: Nama_Pengirim_Asal_Sekolah_Kab/Kota_Prov_PGMKTI
Contoh: Adi_Nugroho_SD_Blimbing_1_Kota Malang_Jawa Timur_PGMKTI

Naskah harus memenuhi sistematika penulisan yang telah ditetapkan oleh panitia.

Hasil seleksi karya akan diumumkan pada tanggal 18 Juni 2020 pukul 10.00 WIB melalui laman: https://p4tkpknips.kemdikbud.go.id/informasi/pengumuman

Peserta yang lolos akan mendapatkan sertifikat penghargaan dan diberikan kesempatan untuk mendesiminasikan Best Practice melalui webinar pada tanggal 22 s.d 24 Juni 2020.

Hal-hal teknis tentang ketentuan lomba dapat ditanyakan ke narahubung: Prayogo Kusumaryoko (081237132044) dan Nurrollich El Kasfy (08567393756).

Sistematika Penulisan Best Practice Guru Tahun 2020 P4TK PKn dan IPS

Naskah best practice wajib mengikuti sistematika berikut ini!

Bagian Naskah Best Practice

  1. Halaman judul
  2. Halaman pernyataan keaslian karya bermaterai
  3. Halaman persetujuan atasan langsung
  4. Kata pengantar
  5. Abstrak atau ringkasan
  6. Daftar isi
  7. Daftar tabel
  8. Daftar gambar
  9. Daftar lampiran

Bagian Isi Naskah Best Practice

  1. Pendahuluan: berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat.
  2. Metode pemecahan masalah: berisi teori atau pengalaman yang dijadikan rujukan dalam menyelesaikan masalah dan metode atau langkah-langkah rinci yang digunakan untuk menyelesaikan masalah.
  3. Pelaksanaan dan hasil yang dicapai: berisi hasil pelaksanaan (didukung data dan informasi) dan pembahasan.

Bagian Akhir Naskah Best Practice

  1. Simpulan
  2. Rekomendasi

Daftar Pustaka dan Lampiran. Penulisan Daftar Pustaka menggunakan format APA 6th atau 7th.

Jumlah halaman naskah lomba berkisar antara 23-40 halaman, tidak termasuk lampiran.

Proporsi jumlah halaman naskah lomba adalah: bagian awal (5-10 halaman), bagian isi (15-25 halaman), dan bagian akhir (3-5 halaman)

Naskah lomba diketik rapi di atas kertas berukuran A4 dengan spasi 1,5 dan huruf Arial 12.

Batas tepi/margin adalah kiri 3 cm, kanan 2,5 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm.

Ukuran tabel dan gambar disesuaikan dengan kebutuhan.

Sistematika, Biodata Peserta, dan Surat Pernyataan Keaslian Karya dapat diunduh melalui link berikut: UNDUH

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *