Seleksi Duta Rumah Belajar dan Pembatik Tahun 2020

Seleksi Duta Rumah Belajar Tahun 2020

Tahun 2020, Kemendikbud melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi kembali menyelenggarakan Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) dan Seleksi Duta Rumah Belajar (DRB). Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran berbasis teknologi melalui portal Rumah Belajar serta mendukung pengembangan kompetensi TIK Guru.

Peserta kegiatan Pembatik dan Seleksi Duta Rumah Belajar (DRB) Tahun 2020 bisa diikuti oleh semua jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA, dan SMK) yang telah mengajar minimal satu tahun sebagai guru mata pelajaran atau guru kelas.

Untuk bisa mengikuti kegiatan Pembatik dan Seleksi DRB tersebut, guru harus melakukan pendaftaran melalui aplikasi Simpatik (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK). Berikut merupakan langkah-langkah pendaftaran di Simpatik.

Langkah 1

Buka laman : Simpatik Kemendikbud

Langkah 2

Jika belum memiliki akun di Simpatik, silakan membuat akun dengan klik Daftar. Nanti kita diwajibkan untuk mengisi semua informasi dalam formulir yang disediakan. Setelah semua terisi, silakan klik SUBMIT.

Jika sudah memiliki akun Simpatik, kita bisa klik MASUK. Nanti kita diminta untuk memasukkan Email dan Password yang sudah kita daftarkan dulu.

Catatan: Kegiatan Pembatik Tahun 2020 akan diselenggarakan bulan April 2020.

Program PembaTIK dan Seleksi Duta Rumah Belajar Tahun 2020 dikemas dalam bentuk kegiatan bimbingan teknis (bimtek). Ada empat level bimtek yang akan diselenggarakan mengacu kepada standar kompetensi TIK guru UNESCO. Bimtek level 1, level 2, dan level 3 diselenggarakan secara daring. Peserta yang lulus sampai Bimtek Level 3 akan memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi Duta Rumah Belajar Tahun 2020. Seleksi ini akan dalaksanakan dalam bentuk bimtek level 4 yang nantinya akan diselenggarakan di setiap provinsi. Satu orang peserta dari bimtek level 4 akan dikukuhkan menjadi Duta Rumah Belajar Tahun 2020.

Informasi yang kurang jelas mengenai kegiatan Pembatik dan Seleksi DRB ini dapat menghubungi helpdesk rumah belajar di Nomor WA: 082298030100 dan Nomor Telpon: (021) 1500005

Selain itu, bisa juga dengan menghubungi Duta Rumah Belajar Tahun 2017, 2018, dan 2019 di masing-masing provinsi. Daftar nama Duta Rumah Belajar tahun 2017, 2018, dan 2019 bisa diunduh melalui link berikut ini.

Unduh Surat Edaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *