Modul Penguatan Kepala Sekolah Terbaru

By | November 25, 2019

Modul penguatan kepala sekolah merupakan modul yang harus dipelajari oleh kepala sekolah selama mengikuti kegiatan penguatan kepala sekolah. Sesuai dengan amanat permendikbud nomor 6 tahun 2018, kepala sekolah wajib memiliki Sertifikat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS). Namun faktanya, banyak kepala sekolah yang belum memiliki sertifikat tersebut. Hal ini yang menjadi salah satu latar belakang dilaksanakan kegiatan penguatan kepala sekolah.

Salah satu kebijakan prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah peningkatan kompetensi kepala sekolah melalui pemberian materi penguatan kepala sekolah sehingga mereka mampu berpikir visioner dalam memimpin dan mengelola sekolahnya. Target utamanya adalah membangun tata kelola dan budaya mutu di sekolah yang berdaya saing tinggi.

Kepemimpinan abad 21 bagi kepala sekolah dapat dilakukan dengan beberapa strategi. Pertama, kepala sekolah harus mampu melihat peluang dan potensi yang ada dengan mengidentifikasi masalah di sekolahnya sebagai dasar pengembangan sekolah. Yang terpenting bagi kepala sekolah adalah pelibatan secara aktif pemangku kepentingan (stakeholders) sekolah yaitu guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan orangtua serta pihak terkait di luar sekolah untuk menyelesaikan persoalan sekolah. Kedua, kepala sekolah dalam perannya sebagai supervisor harus mampu berperan sebagai pemimpin instruksional dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran abad 21 sesuai dengan konsep pendekatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Ketiga, kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan abad 21 harus mampu mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan di sekolah baik guru, tenaga kependidikan, maupun orangtua untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan yang dinamis sesuai dengan perkembangan industri 4.0. Keempat, kepala sekolah harus memberikan dukungan semangat dan penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik yang telah mencapai hasil atas prestasi, inovasi, dan pencapaian lain yang membanggakan.

Modul Penguatan Kepala Sekolah ini berisi panduan sekaligus salah satu referensi yang dapat digunakan untuk memandu kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi dan profesinya pada pelaksanaan pelatihan penguatan kepala sekolah sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan kepala sekolah. Saya mengapresiasi upaya semua pihak sehingga modul pelatihan penguatan kepala sekolah ini dapat terselesaikan. Modul ini terbuka untuk mendapatkan koreksi dan masukan-masukan konstruktif sebagai penyempurnaan di masa yang akan datang.

Ada 14 modul penguatan yang harus dipelajari oleh kepala sekolah. Modul tersebut bisa di downlod melalui link berikut.

  1. Modul Literasi Digital Kepala Sekolah
  2. Modul Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah
  3. Modul Pengembangan Rencana Kerja Sekolah
  4. Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah
  5. Modul Pengelolaan Kurikulum Sekolah
  6. Modul Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah
  7. Modul Pengelolaan Peserta Didik
  8. Modul Pengelolaan Tenaga Kependidikan
  9. Modul Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru
  10. Modul Supervisi dan Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan
  11. Modul Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
  12. Modul Kepemimpinan Perubahan
  13. Modul Pengembangan Kewirausahaan
  14. Modul Pengembangan Sekolah Berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *