Dana Hibah Penelitian Guru Seaqis Tahun 2021

SEAQIS Research Grants (hibah penelitian) 2021 merupakan salah satu program SEAQIS yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA di Asia Tenggara khususnya di bidang penelitian. Berikut ini merupakan informasi mengenai Dana Hibah Penelitian Guru Seaqis Tahun 2021.

Sasaran Penerima Hibah Penelitian Guru Seaqis Tahun 2021

Sasaran penerima hibah penellitian SEAQIS Research Grants 2021 ini adalah 50 guru terpilih dari Asia Tenggara.

Tema SEAQIS Research Grants 2021

Berdasarkan tren isu terkini, maka SEAQIS Research Grants tahun 2021 mengusung tema: “Transformasi Digital dalam Inovasi Pembelajaran Sains

Tema tersebut dibagi menjadi sub-sub tema sebagai topik-topik khusus untuk menentukan arah dan fokus penelitian. Pengusul dapat memilih salah satu dari beberapa sub tema berikut yaitu:

1. Literasi dan Keterampilan Digital

Penelitian dalam konteks peningkatan keterampilan dan literasi digital melalui pembelajaran sains. Keterampilan digital (Digital Skills) umumnya adalah keterampilan teknis seperti coding, robotik, kecerdasan buatan, multimedia, software, designing, spreadsheets, atau 3D-printing, Sedangkan literasi digital merupakan keterampilan kognitif seperti kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, analitis, dan kreatif pada ranah digital.

2. Media Pembelajaran Digital

Penelitian dalam bentuk pengembangan media pembelajaran yang baru atau memperbaharui yang sudah ada, atau juga penelitian pemanfaatan dan efektivitas media pembelajaran digital yang digunakan sebagai sarana dalam proses belajar mengajar sains seperti aplikasi, fitur gawai, video game edukasi, IoT, virtual lab, atau pun web-based simulation and modelling.

3. Cyber STEM

Penelitian dalam pembelajaran sains dengan pendekatan STEM dengan karakteristiknya yaitu Engineering Design Process (EDP) atau Design Thinking yang diterapkan dalam model-model seperti PJBL maupun 5E dan berbantuan digital untuk mendukung kelas daring.

4. Computational Thinking

Penelitian penerapan computational thinking untuk pemecahan masalah yang dimunculkan dalam topik-topik di pembelajaran sains secara daring dengan metode khasnya yaitu abstraction, algorithm, decomposition, dan pattern recognition.

5. Pembelajaran Sains di Masa Pandemi

Pemanfaatan, peran, dan efektivitas teknologi digital dalam pelaksanaan pembelajaran sains selama masa pandemi COVID-19 tanpa kelas tatap muka misalnya pembelajaran jarak jauh (PJJ), e-learning, LMS, synchronous dan asynchronous.

6. Nilai Masyarakat Global dan Digital (Global and Digital Citizenship)

Nilai-nilai masyarakat global dan digital yang diterapkan dalam pembelajaran sains misalnya literasi media dan informasi (respon terhadap science hoax, misinformasi dan miskonsepsi yang beredar di ranah maya), pendidikan karakter daring (etika digital, media sosial, dan cyber networking), kewirausahaan dan sains produksi (copyright, e-commerce, digital marketing, big data, dan lain-lain).

Kriteria, Persyaratan Pengusul dan Tata Cara Pengusulan

  1. Pengusul adalah guru SD/MI, guru IPA SMP/MTs, guru IPA (Fisika, Kimia, Biologi) untuk jenjang SMA/MA dan SMK (muatan umum dan kejuruan) yang berhubungan dengan sains) yang masih aktif bertugas sebagai guru dan aktif sebagai anggota KKG/MGMP.
  2. Pengusul proposal dapat diajukan oleh satu orang atau lebih (maksimal tiga orang sebagai tim).
  3. Tim pengusul yang berjumlah maksimal tiga orang terdiri dari satu orang Ketua dan dua orang Anggota.
  4. Pengusul atau Tim Pengusul hanya boleh mengajukan satu buah judul rencana penelitian berupa proposal dengan sistematika yang telah ditentukan.

Ketua Tim Pengusul dan satu dari anggota Tim Pengusul belum pernah mendapatkan dana bantuan penelitian dari SEAMEO QITEP In Science pada tahun-tahun sebelumnya.

  1. Pendaftaran pengusul dan pengunggahan proposal hanya melalui tautan: http://bit.ly/SRG21ind SEAQIS tidak menerima proposal yang dikirim selain melalui tautan tersebut.
  2. Penelitian yang diusulkan dapat melibatkan siswa, validator atau pakar, namun sesuai dengan regulasi yang berlaku dalam kondisi pandemi, pelaksanaan penelitian harus memperhatikan protokol Kesehatan yaitu dengan tidak melibatkan kerumunan orang dalam jumlah yang banyak di satu tempat (tidak melibatkan kelas tatap muka/forum/massa), tidak melakukan mobilisasi/perjalanan antar kota/daerah menggunakan transportasi umum, dan tidak melakukan penelitian/dokumentasi yang mengharuskan adanya kontak fisik, interaksi jarak dekat, atau melepas masker.
  3. Pendaftar perlu masuk menggunakan email dari Google (gmail) untuk akses tautan dan pengunggahan proposal.
  4. Proposal yang dikirim hanya sebanyak 1 berkas (file) berjenis document (berekstensi .doc atau .docx). Berkas pendukung seperti RAB, format biodata, dan lembar pengesahan menjadi lampiran proposal di berkas yang sama.

Apresiasi Penerima Hibah Penelitian Guru Seaqis Tahun 2021

Para penerima dana hibah penelitian akan mendapatkan apresiasi sebagai berikut:

  1. Dana hibah sebagai seed money yang digunakan untuk kepentingan penelitian sebesar Rp. 5.000.000,-. Alokasi dana penelitian disesuaikan dengan komponen RAB (lihat lampiran Komponen RAB). Dana penelitian ini diberikan secara bertahap;
  2. Partisipasi dalam workshop pembekalan dan bimbingan pelaporan penelitian SRG 2021 oleh para ahli akademisi secara daring;
  3. Peneliti yang mendapat penilaian terbaik akan diundang untuk mendiseminasikan hasil penelitiannya pada webinar series yang diselenggarakan oleh SEAQIS. Dan berkesempatan untuk diajukan dalam publikasi jurnal SEAQIS Sci-Ed;
  4. Saran, masukan dan bantuan dari para ahli tentang penelitian yang dilaksanakan;
  5. Prosiding dan sertifikat seminar hasil penelitian.

Seleksi dan evaluasi proposal

Seleksi dan evaluasi proposal penelitian dilakukan dalam tiga tahap, tahap pertama yaitu desk evaluation, tahap kedua penilaian proposal SRG 2020 oleh reviewer, dan tahap ketiga ada wawancara secara virtual/daring.

Laporan Akhir Penelitian

Laporan akhir penelitian dibuat dalam dua format laporan terpisah, yang pertama berisi laporan penelitian secara akademis berupa karya tulis ilmiah dan laporan keuangan pemanfaatan hibah dana bantuan penelitian.

Pemberian dana bantuan penelitian secara bertahap sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan, yaitu menunjukkan kemajuan pelaksanaan penelitian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan melampirkan laporan pemanfaatan hibah dana pada termin sebelumnya. Apabila pengusul tidak dapat memenuhi kewajiban tersebut, maka lembaga berhak memberikan sangsi berupa teguran sampai pemberian denda bahkan pembatalan pemberian hibah dana dan meminta pengembalian seluruh dana yang sudah diterima oleh pengusul.

Jadwal Pelaksanaan

Deskripsi dari rangkaian penawaran SEAQIS Research Grants 2021 dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

NoDeskripsiRencana Alokasi Waktu
1.Penyusunan rumusan konsep, konten dan struktur program SRG 2021Desember 2020
2.Pengumuman Penawaran SRG 2021Minggu ke-4 Januari 2021
3.Batas akhir pengumpulan proposal SRG 202112 Maret 2021
4.Evaluation Desk dan penilaian proposal oleh ReviewerMinggu ke-2 Februari – 18 Maret 2021
5.Wawancara calon grantee secara daringMinggu ke-4 Maret
6.Penetapan Peserta yang lolos seleksi SRG 202129 Maret 2021
7.Sosialisasi kontrak perjanjian Penawaran SRG 2021Minggu ke-2 April 2021
8.Pelaksanaan SRG 2021April – Oktober 2021
9.Workshop Orientasi dan Pembekalan Penelitian SRG 2021Minggu ke-4 April 2021
10.Perbaikan Laporan SRG 2021Minggu ke-1 Movember 2021
11.Seminar Hasil Penelitian SRG 2021Mulai minggu ke-3 November 2021

Sistematika Proposal Penelitian

Proposal penelitian menggunakan Bahasa Indonesia baku dan ditik dengan huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5, margin normal (4-4-3-3). Jumlah halaman proposal (Pendahuluan – Daftar Pustaka) tidak lebih dari 15 halaman. Sistematika proposal penelitian adalah sebagai berikut:

Halaman Judul

Biodata Pengusul (baik tim maupun perorangan)

Halaman pengesahan

1. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Latar belakang harus memuat permasalahan dari topik penelitian yang diusulkan sebagai sebagai pertimbangan pentingnya usulan tersebut untuk dilakukan. Latar belakang dapat berupa alasan global sebagai isu nasional yang strategis maupun alasan spesifik terkait dengan topik penelitian.

1.2 Rumusan Masalah
Nyatakan rumusan masalah dan uraikan rumusan masalah ke dalam fokus penelitian dalam bentuk pertanyaan penelitian.

1.3 Tujuan
Uraikan tujuan umum penelitian dan tujuan khusus yang ingin dicapai oleh penelitian, sesuai latar belakang permasalahan yang diuraikan sebelumnya.

1.4 Manfaat
Pada bagian ini dijelaskan manfaat/temuan apa yang ditargetkan serta kontribusinya dalam peningkatkan mutu pendidikan.

1.5 Kerangka Pikir
Dibuat dalam bentuk bagan yang menjelaskan tentang alur penelitian

2. Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka bukan memindahkan definisi baku dari literatur. Kemukakan kajian pustaka yang dijadikan dasar penelitian dalam bidang yang diteliti, gunakan pustaka acuan primer yang relevan dan terkini dengan mengutamakan hasil penelitian pada jurnal ilmiah. Apabila ada, jelaskan juga studi pendahuluan yang telah dilaksanakan dan hasil yang sudah dicapai, termasuk roadmap penelitian.

3. Metodologi Penelitian
Metodologi menguraikan tentang bagaimana penelitian akan dilaksanakan. Uraikan mengenai pendekatan/ metode penelitian; populasi, sampel, dan teknik sampling; metode koleksi data dan instrumen yang digunakan; dan teknik analisis data yang digunakan.

4. Jadwal Penelitian
Jadwal penelitian disusun dalam bentuk timeline.

5. Daftar Pustaka
Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem yang disusun oleh American Psichology Association (APA). Pustaka yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka adalah yang dikutip dalam proposal penelitian.

6. Lampiran
Lampiran berisi Rencana Anggaran Biaya (RAB) penelitian, susunan organisasi tim pengusul (apabila dalam tim) serta pembagian tugas dalam penelitian dan dokumen penunjang lainnya seperti instrument, dll.

Komponen RAB Dana Hibah Seaqis Tahun 2021

Dalam menyusun RAB, perlu diperhatikan aturan alokasi dana sebagai berikut.

NoKomponenPresentase
1.Bahan habis pakai dan peralatan, ditulis secara rinci sesuai dengan kebutuhan dan sertakan bukti pembelian berupa kuitansi atau struk pembelian dari toko atau badan usaha yang memiliki NPWP (NPWP toko atau badan usaha dilampirkan)50%
2.Perjalanan (jelaskan kemana dan untuk tujuan apa, berikut lampiran bukti tiket, dll)Maks. 15%
3.Lain-lain (administrasi, publikasi, lokakarya/seminar, laporan, lainnya sebutkan dan lampirkan bukti keikutsertaan atau pelaksanaan kegiatan berupa tanda terima, foto kegiatan, dll)25 – 35 %
4.Total Dana bantuan penelitianRp 5.000.000 (lima juta rupiah), diberikan secara bertahap dengan syarat yang telah ditetapkan oleh lembaga

Panduan Seaqis Research Grand 2021

Untuk panduan dana hibah penelitian Seaqis Research Grand 2021 dapat diunduh melalui link berikut ini:

Unduh Panduan Seaqis Research Grand 2021

Demikian pembahasan mengenai Dana Hibah Penelitian Guru Seaqis Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *