RPP K13 Inspiratif

RPP K13 Inspiratif Untuk PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia merespon keluhan dari pendidik yang menyatakan bahwa beban administrasi terlalu banyak dan berat. Salah satunya adalah penyusunan RPP K13.

Selama ini, pendidik merasa sangat terbebani dengan membuat RPP yang terlalu banyak. Untuk satu RPP, guru bisa menghabiskan lebih dari 10 lembar kertas A4. Hal ini yang menjadi dasar bagi Kemendikbud untuk mengeluarkan kebijakan merdeka belajar di mana salah satu kebijakannya adalah penyederhanaan RPP K13.

Sesuai dengan edaran yang dikeluarkan oleh Mendikbud, RPP diharapkan memuat tiga komponen pokok yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan inti, dan penilaian. Dengan hanya memuat ketiga komponen tersebut, RPP bisa dibuat dalam satu lembar kertas sehingga tidak memberatkan guru.

Namun pada perkembangannya, banyak guru yang masih bingung mengenai Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang baik sesuai dengan edaran mendikbud. Oleh karena itu, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Inspiratif untuk Pendidik. RPP ini hanya satu lembar dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian. Tujuan pembelajaran disarikan dari Kompetensi Dasar (KD) dan dirumuskan dengan kalimat yang mudah dipahami. Aktivitas berisi kegiatan aktif siswa selama pembelajaran. Penilaian sebagai gambaran secara umum tagihan untuk mengukur ketercapaian KD.

Penyusunan RPP inspiratif ini tidak sekadar mengurangi banyaknya halaman menjadi satu halaman. Pendidik diberikan kemerdekaan menyusun RPP bukan karena banyaknya jumlah halaman, tetapi bagaimana mengkonstruksi rencana itu secara global dan mudah dipahami dalam menerjemahkannya pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM). Jika RPP inspiratif ini masih diperdebatkan karena jumlah halamnnya, pendidik perlu meninjau kembali profesionalismenya sebagai pendidik. Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi pendidik yang mengeluh karena beban banyak dan berat dalam administrasi.

RPP K13 inspiratif yang dikeluarkan oleh Pusat Kurikulum dan Penilaian ini terdiri atas RPP PAUD, RPP SD, RPP, SMP, RPP SMA, RPP SMK, dan RPP SLB. Namun, tidak semua mata pelajaran yang diberikan, hanya beberapa pelajaran yang mewakili dari satuan pendidikan.

Diharapkan Contoh RPP ini bisa menginspirasi para pendidik sehingga mampu mengembangkan RPP sendiri yang komunikatif dan memudahkan baginya.

RPP Inspiratif dapat diunduh melalui link berikut ini : Unduh RPP Inspiratif

1 thought on “RPP K13 Inspiratif Untuk PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK”

  1. Terima kasih untuk RPP yang sudah di share,… sangat membantu kami dalam menyusun Dokumen 2 PAUD menjadi suatu gambaran yang jelas hal-hal yang dapat kami sebagai guru kembangkan dilembaga kami,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *