Menu
Berbagi Pengetahuan ®

RPP BDR Kelas 4 SD Jumat 12 November 2021

  • Share
RPP BDR Kelas 4 SD Jumat 12 November 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 4 (Empat)
Tema : 5 (Pahlawanku)
Sub Tema : 2 (Pahlawanku Kebanggaanku)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit

Kompetensi DasarMateri
PPKN
1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila”sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun
sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Penerapan sila kelima
Pancasila
IPS
3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di lingkungan
daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
Tokoh dan peninggalan
Kerajaan Islam di Nusantara
Tujuan Pembelajaran
Setelah memperhatikan video penjelasan mengenai penerapan sila kelima Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi studi kasus terkait penerapan sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. Setelah memperhatikan video penjelasan mengenai tokoh Sultan Ageng Tirtayasa, siswa dapat mengidentifikasi hal-hal terkait tokoh Sultan Ageng Tirtayasa dalam kaitanya dengan peninggalan Keraajaan Islam di Nusantara dengan tepat.
Alat/Media
Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka
Bahan/Materi
Gambar dan Video
Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing masing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1

Anak hebat, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas makna simbol sila kelima Pancasila. Kali ini kita masih belajar sila kelima Pancasila tetapi berfokus pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sila kelima Pancasila yang berbunyi “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” mengandung nilai-nilai luhur yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari hari, salah satunya bersenang hati melakukan sesuatu untuk kepentingan bersama dan untuk kemajuan bersama.

Supaya lebih jelas silahkan simak video penjelasan berikut ini!

Anak hebat, menarik sekali materi hari ini ya!

Selanjutnya supaya kalian lebih paham penerapan sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, silahkan kerjakan studi kasus yang ada pada lampiran di bawah ini!

Lampiran
Keterampilan kinerja praktik muatan PPKN

Menerapkan Nilai Luhur Sila Kelima Pancasila

Perhatikan cerita berikut. Lalu, kerjakan soal-soal berikut ini!

Suatu hari ibu guru meminta siswa membuat prakarya. Setiap prakarya yang dibuat harus dapat digunakan di sekolah. Misalnya, vas bunga atau tempat alat tulis. Prakarya terbaik juga akan didaftarkan pada lomba prakarya antarkelas.

Sebelum mengumpulkan prakarya pada ibu guru, Ajeng dan teman-teman ingin memperlihatkan prakarya buatan masing-masing. Ajeng dan Fitri membuat prakarya yang sama, yaitu vas bunga. Teman-teman menganggap prakarya buatan Fitri lebih bagus dari pada buatan Ajeng. Mereka ingin prakarya buatan Fitri yang didaftarkan pada lomba prakarya antar kelas.

a. Salah satu sikap yang sesuai nilai luhur sila kelima Pancasila adalah menghargai karya buatan orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan bersama. Apakah teman-teman Ajeng telah menerapkan sikap tersebut?
b. Bagaimana sebaiknya sikap Ajeng terhadap pendapat teman-temannya? Jelaskan!

Tulislah jawabanmu pada buku tugasmu!

Setelah selesai kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

Selamat mengerjakan!

Kegiatan 2

Anak hebat, pada pembelajaran sebelumnya kita telah membahas tokoh dari Kerjaan Hindu-Budha dan Islam, kali ini kita akan melanjutkan membahas tokoh dari Kerjaan Islam yang terkenal dari Banten, yaitu Sultan Ageng Tirtayasa. Bagaimana perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa? Mari kita simak penjelasannya pada video berikut ini!

Bagaimana anak hebat? Luar biasa sekali ya perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa. Catat informasi penting yang kamu peroleh dari penjelasan tersebut di buku tulismu ya!

Sekarang, untuk mengukur sejauh mana pemahamanmu terhadap materi tersebut, kerjakan quiz pada link berikut ini!

https://forms.gle/W4nzH4mMmLJDttzY8

Setelah selesai, silahkan screenshot skor perolehanmu dan kirim ke Bapak/Ibu Guru ya!

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “cermin dan soal cerita pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat”.

Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam! Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *