Menu
Berbagi Pengetahuan ®

Silabus KSN Matematika SD Tahun 2020

  • Share
Silabus KSN Matematika SD Tahun 2020

Di tahun 2020 Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD. Namun, bidang yang dilombakan tetap sama yaitu IPA dan Matematika. Berikut merupakan Silabus KSN Matematika SD Tahun 2020.

Kompetensi Sains Nasional Bidang Matematika sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bernalar, berpikir kritis, analitik, kreativitas, dan sportivitas peserta didik. Ruang lingkup materi KSN SD yang diberikan diarahkan agar mencapai tujuan tersebut.

Dalam pelaksanaan KSN Matematika SD Tingkat Nasional Tahun 2020, semua peserta wajib mengikuti seluruh tes yang disediakan. Tes tersebut meliputi tes teori dan tes eksplorasi. Tes teori I dan Teori II akan diberikan di hari pertama. Untuk hari kedua, peserta akan mendapatkan tes eksplorasi.

Untuk tes teori I, jumlah soal yang diberikan sebanyak 25 isian singkat sesuai materi KSN SD. Untuk jawaban yang benar, juri akan memberikan skor 1. Untuk jawaban yang salah, juri akan memberikan nilai 0. Skor maksimal yang diperoleh siswa adalah 25.

Tes teori II terdiri atas 13 soal uraian. Nilai maksimal untuk satu jawaban adalah 3. Total skor maksimal yang bisa diperoleh oleh peserta adalah 39.

Dalam tes eksplorasi, peserta akan diberikan soal sebanyak 6 . Nilai maksimal setiap soal adalah 6. Skor maksimal yang bisa diperoleh peserta adalah 36.

Berikut ini, merupakan Silabus KSN Matematika SD Tahun 2020 sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) Kompetisi Sains Nasional SD Tahun 2020.

  1. Materi KSN SD Bilangan terdiri atas bilangan bulat, bilangan rasional dan representasinya (desimal dan presentase), urutan bilangan, pola bilangan, faktor pesekutuan terbesar (FPB), dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK);
  2. Materi KSN SD Aritmetika terdiri atas operasi pada bilangan (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian) pemfaktoran dan sifatsifat operasi;
  3. Geometri terdiri atas sifat-sifat poligon (segitiga, segi empat, jajar genjang, dan trapesium) dan lingkaran, sudut dan pengukuran, luas daerah, kubus, simetri, serta refleksi dan rotasi;
  4. Materi KSN SD Data dan pengukuran terdiri atas rata-rata, median, modus, serta representasi data dan interpretasinya, diagram dan grafik;
  5. Kombinatorik yaitu menentukan susunan beberapa objek dengan aturan tertentu, meliputi permutasi dan kombinasi ;
  6. Eksplorasi matematika;
  7. Materi KSN SD Rekreasi matematika.

Catatan : Soal KSN Matematik SD Tahun 2020 akan memuat maksimal 40% soal berbahasa inggris.

Materi KSN SD bidang matematika diambil dari Juknis KSN SD Tahun 2020. Untuk juknis KSN SD Tahun 2020 bisa diunduh dalam postingan : Juknis KSN SD Tahun 2020.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *